Area II Penataan Tatalaksana

Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Target yang ingin
dicapai pada masing-masing program ini adalah:

  • Meningkatnya penggunaan teknologi informasI penyelenggaraan manajemen pemerintahan;
  • Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses pemerintahan; dan
  • Meningkatnya kinerja unit kerja/satuan kerja.

 

I. PEMENUHAN

NO INDIKATOR EVIDEN
i Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama a. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

2.1.a SOP mengacu peta bisnis

b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

2.1.b SOP yang diterapkan

c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

2.1.c Monev SOP

ii Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) a. Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi

2.2.a Sistem Pengukuran Kinerja Unit Menggunakan Teknologi Informasi

b. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi

2.2.b Operasionalisasi Manajemen SDM menggunakan Teknologi Informasi

c. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi

2.2.c Pelayanan Publik menggunakan Teknologi Informasi

d. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik

2.2.d Monev terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi

iii Keterbukaan Informasi Publik a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan

2.3.a Kebijakan tentan Keterbukaan Informasi Publik telah Diterapkan

b. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

2.3.b Monev Keterbukaan Informasi Publik

II. REFORM

NO INDIKATOR EVIDEN
i Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan a. Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan
ii Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien
b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien
iii Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
c. Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal