STANDAR PELAYANAN

STANDAR PELAYANAN TINGKAT PUSKESMAS

 

  1. STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan Pengguna Layanan ( pasien )

1.   Kartu identitas : KTP/ KK atau akte bagi yang belum mempunyai

2.   Kartu Jaminan Kesehatan / KIS

3.   Kartu Pendaftaran

2. Prosedur             atau Mekanisme 1.   Pasien Baru

a.  Pasien datang

b.  Pesien mengambil nomor antrian

c.  Pasien melakukan pendaftaran

d.  Pasien mendapat kartu berobat

e.  Pasien menunggu di ruang tunggu.

2.   Pasien Lama

a.  Pasien datang

b.  Pasien mengambil nomor antrian

c.  Pasien melakukan pendaftaran

d.  Pasien menunggu di ruang tunggu

3. Jangka             Waktu

Pelayanan

1.    Pasien Baru 10 -15 menit

2.    Pasien Lama 5 – 10 Menit

4. Biaya / Tarif 1.   Pasien Umum / Berbayar : 12.500

2.   Pasien KIS/ KTP : Gratis

5. Produk layanan Pelayanan    Rekam    Medis    Manual    / Elektronik
6. Penanganan pengaduan,       saran Dan Masukan 1.   Sms/     wa     /     telpon     Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas.

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak Saran dan Aduan Puskesmas

7. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan No

269 tahun 2008 tentang rekam medis

5.   Peraturan Bupati Kudus kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan

.

7.   Permenpan   RB   15   tahun   2014 tentang pelayanan publik

8. Sarana   Prasarana   / fasilitas 1.   Antrian Pasien

2.   Komputer set

3.   Kertas

4.   Kursi tunggu (umum, resiko dan berkebutuhan khusus)

5.   Kursi roda

6.   Jaringan internet dan listrik

7.   Area penurunan pasien kebutuhan khusus

8.

9. Kompetensi Pelaksana 1. Minimal SLTA

 

10. Pengawasan Internal 1.   Supervisi    oleh   penanggungjawab UKP

2.   Sistem   pengendalian   mutu   oleh manajemen mutu dan Tim Audit

Internal

11. Jumlah Pelaksana Minimal 2 orang
12. Jaminan pelayanan Pelayanan secara cepat , aman dan benar
13. Jaminan    keamanan Dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian     dan     pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi      terjadinya      cedera pasien akibat jatuh

14 . Evaluasi          kinerja Pelayanan 1.    Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.    Survei Indek kepuasan masyarakat

dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN PELAYANAN UMUM

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.  Sudah terdaftar di pendaftaran

2.  Sudah     tersedia     rekam     me manual/ elekronik

3.  Untuk    permintaan    surat    vis membawa    surat    pengantar

kepolisian

 

dis

 

um dari

2. Prosedur Mekanisme atau 1.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas      memastikan      identitas pasien berdasarkan rekam medis

3.   Petugas melakukan anamnesis

4.   Petugas    melakukan    pengukuran vital sign

5.   Petugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedur.

6.   Petugas menentukan diagnosis

7.   Petugas memberikan Terapi     dan

Tindak lanjut

3. Jangka

Pelayanan

Waktu 6 – 10 Menit
4. Biaya / Tarif Pasien Umum / Berbayar Pasien KIS/ KTP : Pembayaran di kasir
    Pemberian surat  
    keterangan kesehatan : Gratis
    persyaratan          sekolah/ melamar pekerjaan : 5.000
    Pemberian surat  
    keterangan kesehatan : 10.000
    persyaratan CPNS/PNS  
    Pemberian surat  
    keterangan kesehatan : 20.000
    persyaratan tertentu  
    Pelayanan Visum  

:

 

75.000

5. Produk Layanan 1.   Pelayanan Pemeriksaan

2.   Surat keterangan dokter

3.   Surat Keterangan Visum

 

6. Penanganan Pengaduan,        Saran dan Masukan 1.   Sms/ wa / teleponInternal :

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Upt Puskesmas .

4.   Instagram : UPT puskesmas

5.   Web site :  UPT Puskesmas

6.   Kotak saran dan aduan puskesmas

7. Jam Pelayanan Senin – Kamis Jumat

Sabtu

: 07.30 – 12.00

: 07.00 – 10.00

: 07.30 – 11.00

8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan No

269 tahun 2008 tentang rekam medis

5.   Perda kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehatan pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan

.

7.   Keputusan Menteri Kesehatn Nomor 514 tahun 2015 tentang Standar pelayanan Klinis dokter

8.   Peraturan Menteri Kesehatan No 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik.

10.                Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat unit pelayanan public

9. Sarana   Prasarana   / fasilitas 1.   Komputer set

2.   Kertas Rekam Medis

3.   Kursi tunggu

4.   Blanko pelayanan

5.   Kursi pemeriksaan

6.   Bed pemeriksaan

7.   Tensi , thermometer, timbangan , oksimeter, penlight, otoskop, stestoskop , spatel tounge

8.   Jaringan internet dan listrik

10. Kompetensi Pelaksana 1.   Dokter dengan SIP

2.   Perawat dengan SIP

11. Pengawasan Internal 1.   Supervisi    oleh    penanggungjawab UKP

2.   Audit klinis oleh Tim UKP

3.   Sistem    pengendalian   mutu   oleh manajemen mutu dan Tim Audit

Internal

12. Jumlah Pelaksana 1.   Perawat 1

2.   Dokter 1

13. Jaminan Pelayanan 1.   Pemeriksaan dilakukan oleh dokter atau Perawat yang mempunyai kompetensi

2.   Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan

3.   Penanganan   dilakukan    dengan

 

    cepat, tepat dan benar
14. Jaminan     Keamanan dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian      dan      pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi      terjadinya      cedera pasien akibat jatuh

5.   Tatalaksana    terapi    dan    tindak

lanjut    sesuai    dengan    Panduan Klinis

15 . Evaluasi           Kinerja Pelayanan 1.   Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.   Survei Indek kepuasan masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam

setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Sudah terdaftar di pendaftaran

2.   Sudah     tersedia     rekam     medis manual/ elekronik

3.   Membawa buku KIA bagi ibu hamil

2. Prosedur              atau Mekanisme 1.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas      memastikan      identitas pasien berdasarkan rekam medis

3.   Petugas melakukan anamnesis

4.   Petugas    melakukan    pengukuran vital sign

5.   Petugas melakukan pemeriksaan / tindakansesuai prosedur.

6.   Petugas menentukan diagnosis

7.   Petugas memberikan Terapi     dan Tindak lanjut

3. Jangka             Waktu

Pelayanan

15-30 Menit
4. Biaya / Tarif 1.    KB suntik

2.    Bongkar/ Pasang IUD

3.    Bongkar    /    Pasang Implan

4.    Iva Test

5.    Krioterapi CO2

6.    Krioterapi N02

7.    USG

8.    Surat         Keterangan Kesehatan Catin

9.    Imunisasi program

10. Pasien KIS/ KTP

: 15.000

: 100.000

: 100.000

:   25.000

: 150.000

: 450.000

:   70.000

 

:   15.000

: Gratis

: Gratis

5. Produk Layanan 1.   Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Ibu dan anak

2.   Surat Keterangan Kesehatan Catin

3.   Imunisasi Program Pemerintah

6. Penanganan Pengaduan,       Saran Dan Masukan 1.   Sms/     wa     /     telepon     Internal

:puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : puskesmas

5.   Web site :   Puskesmas

6.   Kotak saran dan Aduan Puskesmas

7. Jam Pelayanan 1. Senin        – : 07.30 – 12.00

 

    Kamis

2.   Jumat

3.   Sabtu

: 07.00 – 10.00

: 07.30 – 11.00

8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas.

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan  Menteri Kesehatan No

269 tahun 2008 tentang rekam medis.

5.   Perda kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan

.

7.   Keputusan Menteri Kesehatn Nomor

514 tahun 2015    tentang Standar pelayanan Klinis dokter

8.   Peraturan Menteri Kesehatan No 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan public.

10.                Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan

survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik

9. Sarana   Prasarana   / fasilitas 1.   Komputer set

2.   Kertas Rekam Medis

3.   Kursi tunggu

4.   Kertas Resep

5.   Blanko

6.   Kursi pemeriksaa

7.   Bed pemeriksaan

8.   Tensimeteri , termometer, stestoskop, timbangan , pengukur tinggi badan, timbangan bayi, oksimeter, penlight, fetoskop, medline, doupler

9.   Midline dan alat ukur lingkar lengan atas dan kepala Jaringan internet dan listrik

Aplikasi program KIA

10. Kompetensi

Pelaksana

1.   Dokter dengan SIP

2.   Bidan dengan SIP

11. Pengawasan Internal 1.   Supervisi    oleh    Penanggungjawab UKP

2.   Audit klinis oleh Tim UKP

3.   Sistem    pengendalian   mutu    oleh

manajemen mutu dan Tim Audit Internal

12. Jumlah Pelaksana 1.   Dokter 1

2.   Bidan 1

13. Jaminan Pelayanan 1.    Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dan Bidan yang mempunyai kompetensi

2.    Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan

3.    Penanganan dilakukan dengan cepat, tepat dan benar

 

14. Jaminan    Keamanan dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian      dan      pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi      terjadinya      cedera pasien akibat jatuh

5.   Tatalaksana     terapi    dan    tindak lanjut    sesuai    dengan    Panduan

Klinis

15 . Evaluasi          Kinerja Pelayanan 1.    Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.    Survei Indek kepuasan masyarakat

dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN GIGI

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.    Sudah terdaftar di pendaftaran

2.    Sudah     tersedia     rekam     medis manual/ elekronik

2. Prosedur Mekanisme atau 1.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas      memastikan      identitas pasien berdasarkan rekam medis

3.   Petugas melakukan anamnesis

4.   Petugas    melakukan    pengukuran vital sign

5.   Petugas melakukan pemeriksaan / tindakansesuai prosedur.

6.   Petugas menentukan diagnosis.

7.   Petugas memberikan Terapi     dan Tindak lanjut

3. Jangka Pelayanan Waktu 1.   Pemeriksaan 6 – 10 menit.

2.   Tindakan Ringan 20 – 30   menit

3.   Tindakan Sedang 30 menit – 1 jam

4.   Tindakan Berat > 1 jam

4. Biaya / Tarif  

1.   Pasien KIS/ KTP

2.   Tindakan Ringan

3.   Tindakan Sedang

4.   Tindakan Berat

 

: Gratis

: 10.000

: 17.000

: 30.000

5. Produk layanan 1.   Pelayanan Pemeriksaan Gigi

2.   Surat Keterangan Dokter Gigi

6. Penanganan pengaduan, Dan Masukan  

saran

1.   Sms/     wa     /     telepon     Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak saran dan aduan Puskesmas

7. Jam Pelayanan 1.    Senin – Kamis

2.   Jumat

3.   Sabtu

:

:

:

07.30 – 12.00

07.00 – 10.00

07.30 – 11.00

8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.              Peraturan            Menteri        Kesehatan           No

269   tahun   2008   tentang   rekam

 

    medis

5.   Perda kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Keputuan Menteri Kesehatan No 02.02/ Menkes/62 tahun 2015 tentang Panduan Klinis dokter gigi

7.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan

.

8.   Peraturan Menteri Kesehatan No 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan public.

10.                Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik publik

9. Sarana   Prasarana   / fasilitas 1.   Komputer set

2.   Kertas Rekam Medis

3.   Kursi tunggu

4.   Kertas Resep

5.   Dental Chair / Kursi Gigi

6.   Tensi , thermometer, timbangan , oksimeter, alat diagnostic, set alat pencabutan gigi, set alat penambalan gigi, scaller manual, minor set

7.   Jaringan internet dan listrik

10. Kompetensi

Pelaksana

1.   Dokter Gigi dengan SIP

2.   Perawat Gigi dengan SIP

11. Pengawasan Internal 1.    Supervisi    oleh    Penanggungjawab UKP

2.    Audit klinis oleh Tim UKP

3.    Sistem pengendalian mutu oleh Tim Audit Internal

12. Jumlah Pelaksana 1.   Dokter gigi 1

2.   Perawat gigi 1

13. Jaminan Pelayanan 1.    Pemeriksaan dilakukan oleh dokter gigi dan Perawat Gigi yang mempunyai kompetensi

2.    Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan

3.    Penanganan dilakukan dengan cepat, tepat dan benar

14. Jaminan    Keamanan dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian dan pencegahan terjadinya infeksi

4.   Menurangi terjadinya cedera pasien akibat jatuh

5.   Tidak terjadi kesalahan lokasi pembedahan atau tindakan gigi

6.   Tatalaksana terapi dan tindak lanjut sesuai dengan Panduan Klinis

15 . Evaluasi          Kinerja

Pelayanan

1. Evaluasi kinerja dilakukan setiap

bulan   oleh   tim   UKP   dilokakarya

 

    bulanan

2. Survei Indek kepuasan masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN LABORATORIUM

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Sudah terdaftar di pendaftaran

2.   Ada Surat Rujukan dari Dokter di pelayanan kesehatan puskesmas.

3.   Kuitansi pembayaran dari kasir

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis dan rujukan.

3.   Petugas memepesiapkan sarana

4.   Petugas    melakukan    pengambilan sampel dan labe;

5.   Petugas melakukan pemeriksaan / tindakansesuai prosedur.

6.   Petugas menulis hasil dan menatat hasil

7.   Petugas memberikan hasil

3. Jangka Waktu Pelayanan 1.   Darah rutin  30 menit

2.   Darah lengkap 30 menit

3.   Widal 30 menit

4.   BTA Sputum : 60 menit

5.   Kimia darah 30 menit

6.   Rapid test : 30 menit

4. Biaya / Tarif 1.   Pasien KIS/ KTP / program : Gratis

2.   Cholesterol : 20.000

3.   Asam urat :20.000

4.   Gula darah sewaktu : 12.500

5.   Darah lengkap : 30.000

6.   Darah rutin : 25.000

7.   Widal Test : 22.500

8.   BTA :Program

9.   Rapid HIV : Program Rapid DBD : Program Rapid sipilis : Program Rapid Hepatitis : Program

Tes Kehamilan : 12.000

5. Produk layanan Pelayanan Pemeriksaan Laboratorium
6. Penanganan   pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/ wa / telepon Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak saran dan aduan Puskesmas

7. Jam Pelayanan 1.    Senin – Kamis

2.    Jumat

3.    Sabtu

: 07.30 – 12.00

: 07.00 – 10.00

: 07.30 – 11.00

8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.              Peraturan            Menteri        Kesehatan           No

269   tahun   2008   tentang   rekam

medis

 

    5.   Perda kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Keputusan Menteri Kesehatan no 370/ Menkes/sk/III/2007 standar profesi ahli tenaga laboratorium kesehatan

7.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik

8.   Peraturan Menteri Kesehatan 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan

survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik

9. Sarana      Prasarana      / fasilitas 1.   Komputer set

2.   Hemato analyzer

3.   Laboratorium Set

4.   Reagen

5.   Jaringan internet dan listrik

10. Kompetensi Pelaksana D3 Analis Tenaga Kesehatan Laborat
11. Pengawasan Internal 1.   Supervisi    oleh    Penanggungjawab UKP

2.   Sistem pengendalian mutu oleh Tim

Audit Internal

12. Jumlah Pelaksana 1. 2 (Analis Laborat dan pekarya)
13. Jaminan Pelayanan Pelayanan secara cepat, aman dan benar
14. Jaminan Keamanan dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian      dan      pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi      terjadinya      cedera pasien akibat jatuh

5.   Peralatan    yang   terkalibrasi    dan reagen yang baik

15 . Evaluasi                 Kinerja Pelayanan 1.   Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.   Survei Indek kepuasan masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam

setahun

 

  1. STANDAR PELAYANAN OBAT

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Membawa Nomor Antrian

2.   Kertas Resep Obat

3.   Kuintansi   pembayar   bagi   pasien bayar

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas memanggil   pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas    memperisilahkan    pasien menunggu

3.   Petugas melakukan peresepan

4.   Petugas    memanggil    pasien    dan melakukan reidentifikasi pasien

5.   Petugas   menyampaikan   informasi tentang obat yang akan diberikan

6.   Petugas memberikan obat

3. Jangka Waktu Pelayanan 1.   Resep non racikan 30 menit

2.   Resep racikan 60 menit

 

4. Biaya / Tarif 1.   Pasien     Umum     /     Berbayar     : Pembayaran di pendaftaran

2.   Pasien KIS/ KTP : Gratis

5. Produk layanan Pelayanan Pemeriksaan
6. Penanganan   pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/     wa     /     telepon     Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak saran dan aduan Puskesmas

7. Jam Pelayanan 1.   Senin – Kamis

2.   Jumat

3.   Sabtu

:

:

:

07.30

07.00

07.30

12.00

10.00

11.00

8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Perda kabupaten kudus nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

5.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan

.

6.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 tahun 2016 Tentang Standar Kefarmasian Puskesmas

7.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik

8.   Peraturan Menteri Kesehatn Nomor 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan

survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik

9. Sarana      Prasarana fasilitas / 1.   Komputer set

2.   Kursi tunggu

3.   Ruang racik

4.   Ruang obat

5.   Ruang penyerahan   dan konsultasi obat

6.   Perangkat alat Apotek

7.   Buku/form penyerahan obat

8.   Jaringan internet dan listrik

10. Kompetensi Pelaksana 1.   Apoteker dengan SIP

2.   D3 Asisten Apotek dengan SIP

11. Pengawasan Internal 1.   Supervisi    oleh    Penanggungjawab UKP

2.   Audit klinis oleh Tim UKP

3.   Sistem    pengendalian   mutu    oleh

manajemen mutu dan Tim Audit Internal

12. Jumlah Pelaksana 1.   Apoteker 1

2.   Asisten Apoteker 1

13. Jaminan Pelayanan Pelayanan secara cepat, aman dan Tepat
14. Jaminan Keamanan Keselamatan dan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian      dan      pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi      terjadinya      cedera

 

    pasien akibat jatuh

5. Tidak     ada     kejadian    kesalahan dalam pemberian obat

15 . Evaluasi                 Kinerja Pelayanan 1.   Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.   Survei Indek kepuasan masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN PERSALINAN

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Kartu identitas : KTP/ KK atau akte bagi yang blm mempunyai

2.   Kartu Jaminan Kesehatan / KIS

3.   Buku KIA

4.   Kartu   Rujukan   /   bagi   pasien Rujukan

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas Menerima Pasien

2.   Petugas                   melaksanakan Identifikasi Pasien

3.   Petugas melakukan anamnesa

4.   Petugas Melakukan Pemeriksaan

5.   Petugas Melakukan Tindak lanjut

6.   Petugas membuat laporan

3. Jangka Waktu Pelayanan Waktu respon time pelayanan 5 menit
4. Biaya / Tarif 1.    Pasien Umum 750.000

2.    Pasien KIS : Gratis

5. Produk layanan Pelayanan Persalinan
6. Penanganan    pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/    wa    /    telepon    Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak       saran       dan      aduan Puskesmas

7. Jam Pelayanan 24 Jam
7. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No

43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan No

269 tahun 2008 tentang rekam medis

5.   Peraturan Bupati kabupaten kudus No 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS no 1 tahun 2014 tentang               penyelenggaraan kesehatan .

7.   Permekes No 47 tahun 2018 tentang pelayanan Kegawat daruratan

8.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik

9.   PMK 11   tahun   2017   tentang

 

    keselamatan pasien

10.                Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik

11.                Keputusan dirjen Upaya Kesehatan                           Nomor

HK.02.03/II/1911/2013 tentang

Pedoman             Penyelenggaraan Puskesmas Mampu PONED

8. Sarana       Prasarana       / fasilitas 1.   Ruang tunggu

2.   Ruang Pemeriksaan

3.   Ruang Persalinan

4.   Ruang Pasca Persalinan

5.   gynecology set

6.   Set   Kegawatdaruratan   ibu   dan anak

7.   BBI set

8.   PEB set

9.   Pencatatan dan Pelaporan Ambulance

9. Kompetensi Pelaksana 1.    Dokter dengan SIP (konsulen)

2.    Perawat dengan SIP

3.    Bidan Dengan SIP

10. Pengawasan Internal 1.   Supervisi oleh Penanggungjawab UKP

2.   Sistem pengendalian mutu oleh manajemen mutu dan Tim Audit

Internal

11. Jumlah Pelaksana 3 Petugas (2 bidan dan 1 perawat)
12. Jaminan pelayanan 1.   Pemeriksaan dilakukan oleh dokter atau bidan yang mempunyai kompetensi

2.   Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan

3.   Penanganan dilakukan   dengan

cepat dan tepat

13. Jaminan   keamanan   Dan Keselamatan 1.   Tidak   ada   kesalahan   identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian    dan    pencegahan terjadinya infeksi

4.   Menurangi     terjadinya     cedera pasien akibat jatuh

5.   Tatalaksana   terapi   dan   tindak lanjut   sesuai   dengan   Panduan

Klinis

14 . Evaluasi                  kinerja Pelayanan 1.    Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.    Survei        Indek         kepuasan

masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN GAWAT DARURAT

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Kartu identitas : KTP/ KK atau akte bagi yang blm mempunyai.

2.   Kartu Jaminan Kesehatan / KIS

3.   Untuk   permintaan   surat   visum

 

    membawa   surat   pengantar   dari

kepolisian

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas Menerima Pasien

2.   Petugas melaksanakan Tiase

3.   Petugas melakukan identifikasi pasien baik lagsung /tidak langsung.

4.   Petugas melakukan anamnesa

5.   Petugas Melakukan Pemeriksaan

6.   Petugas Melakukan Tindak lanjut

7.   Petugas membuat laporan

3. Jangka Waktu Pelayanan Waktu respon time pelayanan 5 menit
4. Biaya / Tarif 1.   Tindakan Sederhana

2.   Tindakan Ringan

3.   Tindakan Sedang

4.   Rujuk Ambulan

5.   Pelayanan Visum

: 10.000

: 15.000

: 45.000

: 75.000

: 75.000

5. Produk layanan 1.   Pelayanan    Pemeriksaan    Gawat Darurat

2.   Surat Keterangan Visum

6. Penanganan    pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/    wa    /    telepon    Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak       saran       dan       aduan

Puskesmas

7. Jam Pelayanan 24 Jam
8. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No

43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 tentang rekam medis

5.   Perda kabupaten kudus Nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS nomor 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan .

7.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 47 tahun 2018 tentang pelayanan Kegawat daruratan

8.   Permenpan RB Nomor 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik

9.   Peraturan Menteri Kesehatan 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

10.                Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survey kepuasan

masyarakat unit pelayanan publik

9. Sarana      Prasarana       /

Fasilitas

1.   Ruang tindakan

2.   Emergency kit

 

    3.   Obat Kegawatan

4.   Bed Pasien

5.   Ambulan

10. Kompetensi Pelaksana 1.    Dokter dengan SIP (konsulen)

2.    Perawat dengan SIP

11. Pengawasan Internal 1.   Supervisi oleh Penanggungjawab UKP

2.   Sistem pengendalian mutu oleh

Tim Audit Internal

12. Jumlah Pelaksana 2 Petugas (perawat)
13. Jaminan Pelayanan 1.   Pemeriksaan dilakukan oleh dokter atau bidan yang mempunyai kompetensi

2.   Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan.

3.   Penanganan dilakukan dengan cepat, tepat dan benar

14. Jaminan Keamanan dan Keselamatan 1.   Tidak terjadi kesalahan identitas dan Rahasia pasien terjaga

2.   Komunikasi Efektif

3.   Pencegahan dan pengendalian Infeksi

4.   Memastikan lokasi tindakan benar dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan

5.   Tidak ada cedera pasien jatuh

6.   Terapi dan tindak lanjut sesuai

dengan panduan klinis

15. Evaluasi                 Kinerja Pelayanan 1.   Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan

2.   Survei        Indek         kepuasan

masyarakat dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN RAWAT INAP

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.   Surat Rujukan

2.   Kartu identitas : KTP/ KK atau akte bagi yang blm mempunyai

3.   Kartu Jaminan Kesehatan / KIS

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas   menerima   dari   Ruang Ugd atau Persalinan

2.   Petugas melakukan reidentifikasi pasien

3.   Petugas memidahkan pasien ke ruang rawat inap

4.   Petugas     melaksanakan     terapi sesuai denga advis dan petunjuk

3. Jangka Waktu Pelayanan Respon time 15 menit
4. Biaya / Tarif 1.   Pasiene      Umum   /   Berbayar   : 200.000/ hari

2.   Pasien KIS/ KTP : Gratis

5. Produk layanan Pelayanan Rawat Inap
6. Penanganan    pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/    wa    /    telepon    Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak       saran       dan      aduan

 

    Puskesmas
7. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No

43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 tentang rekam medis

5.   Perda kabupaten kudus Nomor 29 tahun 2015, tentang restribusi pelayanan kesehata pada dinas kesehatan kabupaten Kudus.

6.   Peraturan BPJS nomor 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan kesehatan .

7.   Permenpan RB 15 tahun 2014 tentang pelayanan publik

8.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien

9.   Permenpan RB 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan

survey kepuasan masyarakat unit pelayanan publik

8. Sarana       Prasarana       / fasilitas 1.   Ruang rawat inap

2.   Ruang Tunggu rawat Inap

3.   Ruang Perawat

4.   Ruang Obat

5.   Toilet

9. Kompetensi Pelaksana 1.   Dokter dengan SIP

2.   Perawat dengan SIP

10. Pengawasan Internal 1.   Supervisi oleh Penanggungjawab UKP

2.   Sistem pengendalian mutu oleh manajemen mutu dan Tim Audit Internal

11. Jumlah Pelaksana 1 Dokter dan Perawat 3
12. Jaminan pelayanan 1.   Pemeriksaan dilakukan oleh dokter atau Perawat yang mempunyai kompetensi

2.   Penanganan dilakukan sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang telah ditetapkan.

3.   Penanganan dilakukan   dengan

cepat, tepat dan benar

13. Jaminan   keamanan   Dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian dan pencegahan terjadinya infeksi

4.   Menurangi terjadinya cedera pasien akibat jatuh

5.   Tidak terjadi kesalahan dalam pmberian obat.

6.   Tatalaksana terapi dan tindak lanjut sesuai dengan Panduan Klinis

14 . Evaluasi                  kinerja Pelayanan 1. Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya

bulanan

 

    2. Survei          Indek          kepuasan

pendaftaran dilakukan minimal 2 kali dalam setahun

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN PENGADUAN

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1. Adanya Aduan dengan Identitas

yang         jelas         dan         bisa dipertanggung jawabkan

2. Prosedur atau Mekanisme 1.   Petugas menerima aduan dari media yang disediakan.

2.   Petugas melakukan verifikasi Aduan

3.   Petugas Melaporkan kepada Tim keluhan Pelanggan

4.   Petugas Melakukan Tindak lanjut dari aduan

5.   Petugas melakukan feedback terhadap hasil tindak lanjut dan melakukan sosialisasi aduan

kepada pasien atau masyarakat

3. Jangka Waktu Pelayanan 3 x 24 jam
4. Biaya / Tarif Gratis
5. Produk layanan Pelayanan aduan Masyarakat/ pasien
6. Penanganan    pengaduan, saran Dan Masukan 1.   Sms/    wa    /    telepon    Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak       saran       dan      aduan

Puskesmas

7. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Permenpan RB no 15 tahun 2014 Peraturan                          Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Standar Pelayanan

5.   Permenpan RB Nomor 14 tahun 2017 tentang kepuasan

masyarakat

8. Sarana       Prasarana       / fasilitas 1.   Ruang Informasi dan Pengaduan

2.   Kotak Saran

3.   Komputer set

4.   Telpon/Handphone

5.   Jaringan internet dan listrik

9. Kompetensi Pelaksana SLTA
10. Pengawasan Internal 1.   Supervisi oleh Penanggung Jawab UKP dan UKM.

2.   Sistem pengendaliann mutu oleh manajemen    mutu    Tim    Audit

Internal

11. Jumlah Pelaksana 1
12. Jaminan pelayanan Pelayanan ramah dan cepat
13. Jaminan   keamanan   Dan Keselamatan 1. identitas      pelapor      di     jamin kerahasiaannya

 

    2. Tindak lanjut dari aduan yang

akan disampaikam

14 . Evaluasi                  kinerja Pelayanan 1.   Evaluasi kinerja dilakukan setiap bulan oleh tim UKP dilokakarya bulanan.

2.   Survei        Indek         kepuasan

masyarakat dilakukan dua kali dalam satu tahun.

 

 

 

  1. STANDAR PELAYANAN       UPAYA       KESEHATAN       BERBASIS MASYARAKAT

 

No Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan Warga masyarakat ber KTP kudus
2. Prosedur               atau Mekanisme 1.   Masyarakat / pelanggan menerima pemberitahuan informasi / undangan.

2.   Mayarakat datang sesuai dengan undangan

3.   Petugas Melakukan kegiatan kesehatan Masyarakat sesuai juknis pedoman kegiatan yang berlaku.

4.   Petugas melakukan pencatatan , evaluasi dan pelaporan kegiatan

3. Jangka              Waktu Pelayanan 1 – 3 jam
4. Biaya / Tarif Gratis
5. Produk layanan 1.   Posyandu (Balita, lansia, remaja dan jiwa)

2.   Posbindu PTM

3.   UKK (Upaya Kesehatan Kerja)

4.   Batra (Pengobatan Tradisional)

5.   Kegiatan peningkatan kesehatan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat

6. Penanganan Pengaduan,        Saran Dan Masukan 1.   Sms/      wa      /      telepon      Internal

:Puskesmas

2.   Sms/ Wa Kom info :

3.   Face book : Puskesmas

4.   Instagram : Puskesmas

5.   Web site : Puskesmas

6.   Kotak saran dan aduan Puskesmas

7. Dasar Hukum 1.   UU no 39 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi

4.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 08 tahun 2019 tentang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan

8. Sarana    Prasarana    / fasilitas 1.   Buku KIA/Buku lansia

2.   Kertas

3.   Kursi tunggu

4.   Jaringan internet dan listrik

9. Kompetensi Pelaksana D3 Program Kesehatan
10. Pengawasan Internal 1.   Supervisi oleh Penanggung jawab UKM

2.   Sistem pengendalian mutu oleh Tim Audit Internal

11. Jumlah Pelaksana 3 orang petugas
12. Jaminan pelayanan Pelayanan sesuai dengan Jadwal rencana Kegiatan tahunan Yang telah disepakati

 

13. Jaminan      keamanan Dan Keselamatan 1.   Tidak ada kesalahan identitas

2.   Komunikasi yang efektif.

3.   Pengendalian        dan        pencegahan terjadinya infeksi

4.   Mengurangi terjadinya cedera pasien akibat jatuh

5.   Dilaksanakan sesuai dengan panduan atau standar operasional prosedur:

6.   Kegiatan      dilaksanakan      berdasar kebutuhan kesehatan masyarakat

14 . Evaluasi            kinerja Pelayanan 1.    Evaluasi kinerja dilakukan setiap 1 bulan oleh tim UKM dilokakarya bulanan

2.    Survei Identifikasi Kebutuhan dan Harapan dilakukan di awal tahun dan di evaluasi 1 tahun sekali